Rabu, 19 November 2014

membuat voip asterisk



Cara membuat voip dengan asterisk
VOIP (Voice Over Internet Protocol) itu sendiri adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.
Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global.Dan Asterisk adalah software Open Source yang berjalan di linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon regular dengan telepon berbasis sip (sip phones).

VoIP melakukan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. VoIP merupakan teknologi berbasis client server yang berarti agar client satu dapat berkomunikasi dengan client lainya harus melalui server yang memberikan service agar komunikasi suara dapat berjalan. Untuk membangun server VoIP, kali ini akan menggunakan Ubuntu server dengan softswitch Asterisk. Hal yang perlu disiapkan antara lain personal computer yang akan digunakan sebagai server, sistem operasi Ubuntu Server dan perangkat lunak Asterisk..

Keuntungan VoIP

  • Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
  • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
  • Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
  • Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
  • Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
Langkah yang pertama seperti biasa masuk dulu ke user pastikan PC terkoneksi dengan internet.install asristik dengan perintah
1.#apt-get install asterisk
2.Langkah selanjutnya konfigurasi file asterisk
#gedit  /etc/asterisk/sip.conf
kemudian isi kode di bawah ini ke dalam file konfigurasi sip.conf tersebut

 Keterangan :
  • [8001] [8002] : adalah nomor telepon , ini adalah ekstensi yang akan di jadikan alamat atau nomor teleponnya (untuk penerapannya kita akan menggunakan aplikasi X-Lite)
  • type : ini untuk penandaan atau group
  • context : nama pada context harus sama pada ekstensi.conf
  • username : nama yang akan muncul ketika ada telpon masuk, dan boleh di isi nama juga kok
  • secret : ini adalah password (isi sesuai keinginan)
  • host : biarkan saja dynamic
 Langkah 3 : Konfigurasi extension.conf
ketikkan pada terminal untuk masuk ke file konfigurasi
#nano /etc/asterisk/extension.conf
Jika sudah masuk ketik kode dibawah ini

Kemudian simpan file konfigurasinya.kemudian restart asterisknya
#/etc/init.d/asterisk restart

 

Setelah  telah di restart lakukan panggilan tes telepon
Jika belum ada yang punya (X-LITE) bisa di download aplikasin sofwernya  di browser
http:// ww.counterpath.com/x-lite.html
setting X-LITE sesuai kan domain dengan IP VOIP nya.IP yang saya gunakan 172.16.30.47.bisa dilihat seperti gambar di bawah ini
8001 ini memanggil display name client 1

Berikut contoh hasil gambar tes memanggil
Gambar di atas melakukan  tes panggilan client1 8001 ke client 2 8002 terkoneksi  dan hasilnya berbunyi tanda komuniksai dan berjalan dengan lancar





Tidak ada komentar:

Posting Komentar