Rabu, 26 November 2014

Cara instalasi dan konfigurasi CACTI pada ubuntu



INSTALASI DAN KONFIRGURASI CACTI DI UBUNTU

Cacti merupakan salah satu software yang digunakan untuk keperluan monitoring yang banyak digunakan saat ini. Cacti menyimpan semua data/informasi yang diperlukan untuk membuat grafik dan mengumpulkannya dengan database MySQL. Untuk menjalankan Cacti, diperlukan software pendukung seperti MySQL, PHP, RRDTool, net-snmp, dan sebuah webserver yang support PHP seperti Apache atau IIS

Cacti adalah salah satu aplikasi open source yang merupakan solusi  pembuatan grafik network yang lengkap yang didesign untuk memanfaatkan kemampuan fungsi RRDTool sebagai  peyimpanan data dan pembuatan grafik. Cacti menyediakan pengumpulan data yang cepat, pola grafik advanced,metoda perolehan multiple data, dan fitur pengelolaan user. Semuanya dikemas secara intuitif, sebuah interface yang mudah digunakan  mudah dipahami untuk local area network hingga network yang kompleks dengan ratusan device. Dengan menggunakan cacti kita dapat memonitor trafik yang mengalir pada sebuah server dan Cacti juga merupakan frontend dari RRDTool yang menyimpan informasi kedalam database !MySQL dan membuat graph berdasarkan informasi tersebut. Proses pengambilan data (lewat SNMP maupun skrip) sampai kepada pembuatan gambar (graph) dilakukan menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Cacti  merupakan frontend dari RRDTool,  cacti mengumpulkan informasi yang di butuhkan untuk pembuatan grafik dan menyimpan informasi  tersebut menjadi  data dalam database MYSQL. Fronted tersebut dibuat sepenuh nya menggunakan bahasa pemrograman PHP. Selain kemampuan untuk memaintain grafik,  Data Sources  dan  Round Robin arsip dalam database, dalam menghandel pengumpulan data.  Dan juga support SNMP bagi mereka yang terbiasa membuat grafik dengan MRTG.(sumber).
          Komponen utama pada CACTI

Data Sources
            Menghendel pengumpulan data yang dapat membuat eksternal script atau command yang akan di perlukan.data sourses dapat juga membuat grafik ping time ke suatu host

            Graphs
            Setiap data sources akan di defenisikan dalah sebuah grafik Rrdtool yang menggunakan data tersebut.suatu pemilihan warna  dan pengisian text otomatis juga membantu dalam pembuatan grafik agar proses grafiknya terjadi lebih mudah.

User Management
Fungsi cacti dapat menambahkan para user dan memberi mereka hak-hak untuk bagian bagian  tertentu dari cacti.cacti ini dapat  membuat beberapa para user  mengubah beberapa para meter  grafik.

Templating
Cacti dapat diskalakan menjadi jumlah besar source data melalui penggunaan template. Hal ini memungkinkan  pembuatan sebuah grafik atau data source template yang menggambarkan beberapa grafik atau data source yang berhubungan dengan nya. Template template host  memungkinkan anda untuk menggambarkan kemampuan dari suatu host maka cacti dapat menggunakan nya untuk informasi atas penambahan suatu host yang baru.  

Paket-paket yang di butuhkan sebelum menginstal cacti:
1.       php-snmp
2.       rrdtool
3.       net-snmp & net-snmp-utils
4.       httpd
5.       php
6.       php-mysql
7.       mysql
8.       mysql-server

tujuan dari instalasi CACTI
mampu memahami cara kerja CACTI
dapat melakukan installasi dan konfigurasi CACTI

Berikut adalah cara instalasi cacti pada ubuntu :
Masuk ke terminal
Dengan perintah :sudo su
Masukan password

Sebelum menginstal cacti pastikanlah apache2 sudah terinstal dengan cara : #apt-get install apache2 apache2.2-common apache2-mpm-prefork apache2-utils libapache2-mod-php5 php5-cli php5-common php5-cgi 

Kemudian installah pada terminal  mysql server dengan php support , dengan perintah:
# apt-get install mysql-server mysql-client libmysqlclient16-dev php5-mysql make gcc g++  cgilib libfreetype6 libttf-dev libttf2 libpngwriter0-dev libpng3-dev libfreetype6-dev libart-2.0-dev snmp

Install RRDTool, dengan cara  :#apt-get install rrdtool

Lakukan install cacti dengan :#apt-get install cacti
setelah cacti terinstal pada komputer anda, maka akan muncul tampilan yang meminta kita memasukkan pasword, passwordnya silahkan sahabat blogger masukkan sesuai keinginan sendiri. kemudian klik “ok”


setelah muncul pilihan repeat password akan muncul kembali pilihan Configuring cacti, silahkan anda pilih, kemudian klik “ok”.

Gambah yang di bawah ini adalah pemilihan yang di gunakan web server,maka pilihlah aplikasi apache2


Jika sudah di pilih apche2 ,maka akan muncul configure cacti pilih” YES”

saat proses installasi pada terminal sudah selesai nanti akan ada form untuk pengisian password “root” mysql nya, isi saja sesuai dengan keinginan anda dan databasenya akan otomatis ter-create ketika proses instalasi Cacti nya. Pastikan semua paket yg diinstall itu tidak mengalami error dan failed. Setelah itu maka langkah berikutnya adalah mengkonfigurasi cactinya. Silahkan anda buka pada alamat browser dengan alamat http://localhost/cacti pada adress bar nya. Sehingga akan muncul cacti instalation guide seperti tampilan seperti gambar dibawah ini.


Silahkan anda pilih next, senhingga akan muncul tampilan finish instalation,pastikan tidak ada terjadinya error,terutama pada tiap path paket yang terrkait dengan cacti tersebut. 

Jika instalasinya berjalan dengan lancar tanpa terjadinya error,langkah selanjutnya menekan tombol finish.pada web pada web browser akan muncul tampilan halaman login pertama kali, untuk login pertama kali ini account yang dimasukkan adalah 
User Name       : admin
Password          : admin

Untuk masuk ke login masukkan isikan  password  sesuai dengan password yang di tentukan oleh user admin setelah login yang pertama kali.
Jika anda telah selesai login akan muncul tampilan depan cacti sebagai berikut:

 

Configurasi cacti dengan mengisi halaman.klik create device kemudian pilih add
 

Langkah untuk mengoperasikan cacti pada kampus PCR
Description              : Isikan nama device yang akan dimonitoring (Gateway).Contohnya: Router-PCR
Hostname               : Isikan IP Address dari device yang akan dimonitoring (Gateway). Contohnya: 172.16.30.58
Host Template         : Pilih “Local Linux Machine” atau ucd/net SNMP Host jika device yang akan dimonitoring PC biasa seperti windows client.
SNMP Version        : Pilih sesuai versi SNMP yang di setup di device Gateway, dalam hal ini version
SNMP Communitiy  : umumnya pakai “public” tapi jika memang di set lain, tinggal menyesuaikan.
Langkah selanjutnya lakukan operasi bagi PC masing-masing. Cara nya sam dengan langkah yang sebelumnya gantilah ip address nya 172.16.30.1 berikut contoh gambarnya

untuk menampilkan di graph tree, pada bagian graph management pilih host:gateway yaitu device yang sudah dibuat sebelumya. Centang semua graph yang muncul dan di bagian action pilih “Place on a Tree” klik go. Seperti gambar dibawah ini :

 

akan timbul tampilan Place on a Tree (Default Tree).


tampilan di graph akan muncul device gateway, pada waktu awalnya memang grafiknya tidak muncul langsung karena perlu waktu yang lama untuk query data ke device gateway. Setelah beberapa menit akan muncul trafik data untuk tiap interface yang sudah kita centang sebelumya.berikut tampilan gambar grafik localhost

  


Dari grafik di atas merupakan grafik yang menggunakan jaringan localhost.grafik yang pertama tampilannya kurang bagus,untuk grafik yang ke dua tampilan grafiknya udah mulai berubah.ini disebabkan karena saat pengambilan datanya memerulkan waktu yang lama agar grafiknya semakin bagus.monitoring cacti ini bertujuan agar mengetahui jaringan berlangsung dari user ke jaringan internet PCR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar