Selasa, 16 Desember 2014

Konfigurasi 3CX Phone System VOIP pada IP PBX di Windows 7

3CX Phone Voip Server

3CX Phone System adalah software berbasis IP PBX yang menggantikan traditional PBX dan dapat mengantarkan user untuk saling berkomunikasi. IP PBX mensupport fitur fitur traditional PBX.3CX Phone System, selain berbasis Windows, 3CX juga memberikan paket teknologi komunikasi yang lengkap dengan menyertakan voice mail, fax, email dan status kehadiran/online user dan juga Video Call.Masing-masing user juga dapat mengkonfigurasi pengaturan extensinya masing-masing melalui web-based user portal, yang tentunya dapat diakses dari mana saja tanpa bantuan IT Staff. di antaranya fitur-fitur seperti Call Forwarding dan Caller ID.

Dengan konsol web-based, administrator pun dapat dengan mudah membuat extensi-extensi baru dan mengubah pengaturan IP PBX. Dan karena 3CX Phone System adalah aplikasi Windows, tentunya akan sangat mudah dimonitor dan dikontrol. Anda dapat meingstall 3CX pada sebuah server yang sudah ada, atau bisa divirtualisasikan dan tidak memerlukan perangkat , tenaga dan biaya manajemen tambahan.

fitur2 yang didapatkan antara lain :
  1.  3CX menyediakan semua fitur yang disediakan telepon pada umumnya, baik berupa call, switching, forwarding dll
  2.  3CX menyediakan unlimited extension, sehingga gourping dan pengaturan terhadap user lebih leluasa
  3. Memiliki konfigurasi berupa web Based Configuration, sehingga user dengan mudah dapat melakukan konfigurasi dengan user interface yang menarik dan mudah dipahami.
  4. Komunikasi dapat dilakukan secara offline, artinya user dapat mengirimkan voice message ataupun fax message, sehingga komunikasi tidak harus dilakukan saat kedua user presence, tapi dapat juga dilakukan melalui offline voice message.
  5. Menyediakan control call, sehingga user dapat melihat user-user yang sedang online dalam system.
  6. Menyediakan fasilitas conference sehingga, user yang tergabu8ng dalam satu group dapat saling berkomunikasi dengan mudah.
  7. Dapat dengan mudah digabungkan dengan VOIP provider, karena 3CX bekerja sama, dengan penyedia provider voip secara global, sehingga panggilan voip tidak hanya dialkukan dalam lingkungan lokal, melainkan dapat juga dilakukan dalam lingkup jaringan global melalui jaringan internet.


VOIP 3CX phone  system menggunakan 
  1. 2 PC
  2. Dan 1 smartphone  yang di gunakan untuk sebagai client nya
Langkah-langkah untuk menginstall 3CX pada windows 7:
  • Lakukan Install 3CX pada window,jika sudah terinstall akan keluar pilihan bahasa,pilih bahasa english lalu tekan next





  • Langkah selanjutnya tentukan IP Local / LAN IP PBX server  yaitu gunakan IP yang kita gunakan pada smartphone .lakukan ipconfig di commond prompt agar tau berapa IP yang digunakan "172.18.12.04",lalu tekan next 


  • Tahap berikutnya tampilan permintaan untuk menentukan IP Public.di biarkan kosong saja karena kita hannya memakai IP local bukan IP Public,lalu tekan next  



  •  Saat settings IP PBX server baru pertama kita buat, maka pilih menu Create New PBX.Lalu Next. 


  • Menentukan jumlah digit extention. dimana ada 4 pilihan 5 digit extension maka pilihlah 3 digit,lakukan next




  • Langkah berikutnya menentukan  mail server pada SMTP Server di abaikan saja ,tekan next




  • Pilihlah menu Administrator Login gunakan username dan passwrodnya sesuai yang anda inginkan,misalnya username dan passwornya "admin"kemudian lanjut ke next



  • Selanjutnya membuat extension untuk operator dan  2client, dengan nomor extension 100 sebagai operator, klik add untuk penambahan 101 dan 102 sebagai client masukkan username dan passwornya yang anda inginkan







  • Menentukan region negara dan pilih pengaturan kode negara  indonesia,lalu tekan next


  • Selanjutnya general settings tentukan nomor extension Operator,gunakan extension 100,tekan next



  •  Tahap berikutnya allowed countries,pilih di 3CX phone asia and the middle east,lalu klik next

  • Untuk menu voip  provider di skip kan saja,lalu next



  • Kemudian save configurasi dan lakukan regisrasi pada 3CX,maka tampilannya sebagai berikut:






  • Jika sudah selesai di regisrasi dan configurasi pada 3CX phone,klik finish hasilnya sebagai berikut:




  • Lakukan pengaturan 3CX Phone System 10 Ip PBX Server melalui aplikasi Start, lalu double click pada icon 3CX. dan masukan username dan password "admin" seperti gambar dibawah ini:


  • Apabila konfigurasi benar dan berhasil, maka status pada Extension status akan berubah menjadi Hijau yang menandakan sudah bisa melakukan panggilan dari operator hingga client 1 dan client 2,berikut hasil gambarnya:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar