Selasa, 21 Oktober 2014

pengenalan ubuntu



Pengenalan ubuntu          
Ubuntu merupakan salah satu distribusi linux yang berbasiskan debian dan dapat didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama ubuntu berasal dari filosofi Afrika selatan yang berarti kemanusiaan kepada sesama.ubuntu adalah sebuah sistem operasi lengkap berbasis linux,yang tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunikas manapun. Ubuntu merupakan salah satu proyek andalan debian. Ubuntu menciptakan sistem operasi destop linux yang mudah di pakai.ubuntu sering di jadwalkan setiap 6 bulan yaitu pada bulan oktober dan bulan april.tujuan dari distribusi linux ubuntu membawa semangat yang terkandung dalam fisolofi ubuntu di dalam dunia perangkat lunak.

Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu.bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya, bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.Pada program ubuntu banyak di aplikasikan dan di gunakan oleh berbagai kalangan pengguna komputer,khususnya bagi yang mengemai softwere open source.ubuntu merupakan softwere gratis (open source).unutk menginstall versi terbaru program ini,komputer anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor pentium 4 CPU 1 Ghz,memori (RAM) 1 GB,resolusi monitor 800 x 600 piksel,dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 15GB.ubuntu termasuk salah satu FOSS.isensi yang di gunakan GNU General public license atau sering juga di sebut GNU GPL.sehingga memungkinkan bagi user untuk menjalankan,mengcopy,menyebarluaskan,mempelajari ubuntu

Dari yang kita ketahui ubuntu juga memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu:
kelebihan ubuntu :
Bebas virus untuk saat virus ini lebih senang menyerang OS dari MS yang ber ext.untuk ubuntu sudah beda jadi virus dari OS tetengga tidak akan berjalan di OS linux.
D3 Interface efek dari 3D sering kita jumpai di OS tetangga aero memerlukan aspek komputer yang tinggi
Kompatibilas Ubuntu kompatibel dengan hampir semua perangkat keras terbaru,mulai dari usb modem,wifi dan perangkat lain nya
Kemudahan migrasi
Free alias gratis tinggal download dari situs ubuntu dapat download
User friendly untuk orang awam bisa sekalipun memakai ubuntu
kekurangan ubuntu :
Koneksi internet             
Terbatasnya pengetahuan tentang linux baik yang formal maupun non formal
Minimnya softwere atau game yang bisa di download di OS ubuntu
Operating system yang agak sulit untuk dipelajari terutama bagi yang tidak mempunyai dasar komputer yang kuat.



Fitur apa saja yang ada di ubuntu ?                                           
Fitur yang ada di ubuntu yaitu berupa multimedia yang bisa di mainkan mp3 dengan Rythmbok musik Player,memainkan dvd film di movie player pitivi editor untuk mengeditan  film.untuk jenjang sosial bisa memainkan in messeger seperti ym,msn,jabber gtalk dengan pidgin dan emphaty.email dengan evolusion,thunderbird,browser dengan firefox,opera. Untuk efect 3d bisa menggunakan compiz dan emerald,untuk wifi sudah di lengkapi.



Macam-macam aplikasi yang ada di linux ubuntu
Bagi anda pengguna sistem operasi linux,disini saya akan memberikan beberapa aplikasi yang bisa di gunakan di linux.antara lain yaitu:
KpovModeler
KpovModeler adalah softwere composition/modeling untuk sarana pembutan POV-Ray scenes,termasuk salah satu alternative blender 3d yang cukup menjanjikan.
Stopmotion
Merupakan aplikasi yang dapat di gunakan untuk meng-capture dan mengkombinasikan foto secara bersamaan untuk menciptakan sebuah stopmotion vidio yang cukup halus.tidak hannya mampu menangani pembuatan claymation vidio dan sejenisnya,namun juga handal untuk pembuatan timelapsed vidio
Aucadity (recorder)
Aucadity adalah salah satu yang terkenal dari sekian banayak aplikasi audio gratis lainya.kemampuan recording dan editor audio-nya dapat men-support hampir seluruh format file audio.beberapa fitur unggulannya adalah record multiple channels,spilt channels,merge audio,dan sejumlah fitur menarik lainnya.
Aciprid
Aciprid ini merupakan aplikasi simpel yang berfungsi untuk copying DVD ke dalam bentuk digital vidio file,dengan codec seperti XviD, x264, MPEG,dan masih banyak lagi tipe codec yang dapat di prosesnya.di dalam aplikasi ini bisa menentukan ukuran file,setting audio,ualitasnya,cropping,dan lain-lain.
Iriverter
Iriverter bisa di gunakan untuk men-convert vidio dengan mudah melalui berbagai macam portable vidio device,seperti the creative vision M dan iriver players.sinngle dan batch conversion dapat di tangani dengan baik.
Comix
Comix merupakan salah satu aplikasi untuk penggemar komik digital.dengan kualitas yang sangat baik,dan di dukung berbagai fitur yang sangat berguna seperti double-page support dll.
Qcad
Qcad layaknya autocad dapat di temui di ubuntu.menawarkan banyak kemudahan seperti dapat men-support file dari autocad,maupun file sejenis lainnya.
Freqtweak
Freqwalk adalah aplikasi pengolah audio yang dapat menipulasi audio spectral dan menampilkannya.

Data pratikum
Untuk gambar yang pertama pada ubuntu yaitu tampilan welpaper pada windows

 



keteranagan gambar di atas
Gambar yang paling atas merupakan dash home yang berisi dengan penyimpannan seperti destop,dokumen,downloads,music,picture,vidios
Gambar yang berikutnya yaitu home folder penyimpanan data dari windows 7
Gambar selanjutnya firefox aplikasi yang bisa browser pada internet
Libery office writer aplikasi nya pengolahan dokumen yang hampir sama dengan microsoft office
Libery office calc aplikasi perhitungan yang sama dengan microsoft excel
Libery office impress aplikasi presentasi sma dengan microsoft power point
Icon yang selanjutnya setting pengaturan dalam aplikasi ubuntu

 

Sudo su digunakan untuk login
Password digunakan untuk memperlihatkan nama posisi kita/sudah berada d server
Ls ini menampilkan isi di folder,cd .. digunakan untuk mengembalikan data.

 

Data yang di atas mkdir digunakan untuk membuat file baru contoh nya mkdir foder1,rm digunakan untuk menghapus file

 
 
Etho digunakan untuk menuliskan suatu data pada file,untuk menghapus file mneggunakan file clear.untuk keluar dari terminal menggunakan 



 ip digunakan untuk melihat konfigurasi digunakan dengan perintah ifconfig,seperti pada gambar di atas



Pada terminal ubuntu menggunakan apt-get yang d gunakan untuk paket softwere


Daftar pusakat
Athur  bloger
http:/id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar